Home » » Memahami Ragam Kesalahan-Kesalahan Guru saat Mengajar

Memahami Ragam Kesalahan-Kesalahan Guru saat Mengajar

Posted by
PUSAT BELAJAR GURU (PBG) BOJONEGORO
on Selasa, 28 April 2015


RESENSI BUKU
Memahami Ragam Kesalahan Guru Saat Mengajar
Oleh : Arif Nuryanto


Identitas Buku
Judul Buku           :    Kesalahan-Kesalahan Guru Saat Mengajar
Penulis                 :    Masykur Arif Rahman
ISBN                     :    978-602-255-274-1
Penerbit               :    Laksana
Cetakan               :    Pertama
Tahun Terbit        :    2013
Isi                         :    212 halaman





Penulis : Masykur Arif lahir di Bondowoso, Jawa Timur, tahun 1985. Ia adalah alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (2010); alumni kursus filsafat di Rausyan Fikr Yogyakarta (2008); alumni Lembaga Kajian Kutub Yogyakarta (KUTUB)/Hasyim Asyári Yogyakarta (2006-2008). Selain itu Masykur Arif masih aktif di Kajian Ilmiah Garawiksa, Yogyakarta dan kini ia sedang melanjutkan pendidikannya di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Synopsis : “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.” Pepatah tersebut tentu kerap kita dengar. 
Pepatah itu menggambarkan betapa besar peran guru dalam membentuk karakter anak didiknya, 
bukan hanya sebagai penyampai ilmu pengetahuan di sekolah. Seorang guru adalah sumber ide, 
nilai, serta kultur bagi muridnya. Namun, kita tentu prihatin melihat fenomena di kehidupan nyata yang menggambarkan keburukkan karakter guru. Bagaimana bangsa ini hendak mencetak generasi masa depan yang tangguh bila para pendidiknya jauh dari profesional?

Secara konkret, keprofesionalan seorang guru dapat dilihat dari keberhasilan muridnya dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu keberhasilan seorang guru juga dapat diukur dari keberhasilan muridnya. Faktor ketidakberhasilan guru dapat disebabkan oleh berbagai hal. Diantaranya ialah sarana prasarana yang kurang memadai, kesejahteraan guru yang kurang diperhatikan dan tidak adanya hubungan komunikasi antara wali murid atau orang tua dengan guru sehingga tidak adanya kesinambungan proses belajar –mengajar di sekolah dan di rumah.  Selanjutnya faktor yang paling dominan yang menyebabkan ketidakberhasilan guru adalah kesalahan-kesalahan fatal baik disengaja maupun tidak yang dilakukan pada saat kegiatan kegiatan pembelajaran. 

Buku ini menyuguhkan Anda beragam kesalahan yang jamak dilakukan oleh para guru, baik di 
sekolah maupun di luar sekolah. Sebagai contoh, mengajar sembari bermain handphone, 
berpakaian tidak rapi, hingga kesalahan fatal, seperti bersikap diskriminatif dan 
mengajarkan pornoaksi. Harapannya, dengan memahami berbagai kesalahan fatal yang dilakukan oleh guru, diharapkan guru dapat berusaha menghindari atau paling tidak meminimalisir kesalahan –kesalahan yang bisa muncul selama kegiatan pembelajaran dan tidak lagi terulang di masa 
depan.

Apa sajakah kesalahan – kesalahan guru tersebut dapat dibaca secara lengkap maupun di pinjam di Perpustakaan Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro di Jalan Rajawali No. 3 Bojonegoro.


0 komentar:

Posting Komentar

PBG Bojonegoro. Diberdayakan oleh Blogger.