I.
TEMA LOMBA:
“KREATIVITAS DAN INOVASI MEMBUAT
PEMBELAJARAN LEBIH BERKUALITAS”
II.
TUJUAN
LOMBA
a. Memotivasi dan menginspirasi guru untuk menemukan atau menciptakan
pembelajaran terbaik.
b. Meningkatkan dan mengembangkan minat, bakat kebiasaan
dan budaya guru dalam melakukan karya inovatif secara baik
dan benar sebagai salah satu kegiatan dari pengembangan profesi guru.
c. Mendiseminasikan berbagai pengalaman guru yang
berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practice) sebagai referensi bagi guru lainnya dalam
pelaksanaan pembelajaran di kelas.
d. Meningkatkan teknologi informasi dan
komunikasi serta media lainnya yang berbasis kearifan lokal dalam proses
pembelajaran.
e. Menumbuhkan budaya riset di kalangan pendidik
pada khususnya, serta menciptakan masyarakat intelek yang ikut menciptakan SDM
yang berkualitas di Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban melalui penyusunan
Jurnal ilmiah pertama kali di Kabupaten Bojonegoro .
III.
KETENTUAN
LOMBA
a. Lomba bersifat perorangan dan kelompok (maksimal 4 orang)
b. Hasil karya kreativitas sesuai dengan ruang lingkup tema yang dipilih
c. Peserta hanya boleh mengirimkan satu karya lomba individu dan atau satu
karya kelompok sesuai dengan tema yang dipilih.
d.
Persyaratan administratif
1. Pernyataan penulis bahwa karya tersebut seluruhnya asli hasil karya
sendiri, bukan plagiat dan belum pernah diikutsertakan pada lomba lain.
2. Biodata peserta
3. Identitas yang masih berlaku.
4. Bagi peserta yang ditetapkan sebagai finalis lomba, membawa bahan
presentasi berupa file dalam CD film atau bentuk lain untuk dipresentasikan dan
rekaman audio visual karya lomba.
e. Naskah lomba dan atau rekaman audio visual finalis menjadi milik panitia dan hak penerbitan
berada pada Pusat Belajar Guru.
IV.
RUANG
LINGKUP LOMBA
Bidang
kegiatan yang dilombakan dalam Lomba Alat Bantu Ajar tahun 2015:
1. Hasil penelitian Eksperimen.
2. Best Practice tentang kegiatan
yang telah dilaksanakan dalam menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi.
3. Karya inovatif yang digunakan dalam proses pembelajaran berupa:
a.
Penerapan Teknologi Tepat Guna
Karya
teknologi tepat guna yang berbasis kearifan local merupakan karya hasil
rancangan/pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan atau teknologi yang
dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, system, atau metodologi
tertentu dan dimanfaatkan untuk melaksanakan pendidikan mata pelajaran yang
diampu.
b.
Membuat/ memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
1.
Alat pelajaran
Alat
pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu kelancaran proses
pembelajaran / bimbingan pada khususnya dari proses pendidikan di sekolah untuk
digunakan pada mata pelajaran yang diampu.
2. Alat peraga
Alat peraga
adalah alat yang digunakan untuk memperjelas konsep/ teori/cara kerja tertentu
yang dipergunakan dalam proses pembelajaran atau bimbingan pada mata pelajaran
yang diampu.
3. Alat praktikum
Adalah alat
yang digunakan untuk praktikum pada mata pelajaran yang diampu.
c.
Menciptakan dan atau mengembangkan karya seni sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu
1. Diskripsi proses pembuatan alat peraga pembelajaran : Menjelaskan
alat dan bahan yang digunakan, serta cara pembuatan alat peraga pembelajaran.
2. Diskripsi
cara penggunaan atau pengoperasian alat peraga pembelajaran
3. Melampirkan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang relevan dengan alat peraga yang
dibuat.
4.
Dokumentasi
: (1) foto Alat dan gahan yang digunakan (2) foto cara pembuatan alat peraga
pembelajaran (3) foto Cara penggunaan alat peraga pembelajaran (Foto Harus
Jelas )
V.
ASPEK YANG
DINILAI
1.
Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba
2.
Bersifat kreatif dan inovatif
3.
Bersifat spesifik/khas
4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
5.
Kesesuaian dengan situasi/kondisi tempat guru bertugas (kearifan lokal)
6.
Kebermanfaatan dalam proses pembelajaran
7.
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (APIK)
VI.
PERSYARATAN
PESERTA
1.
Karya belum pernah menjadi pemenang dalam lomba sejenis dan
2.
Karya belum pernah dipublikasikan dalam media dalam kurun waktu 2 (dua
tahun) terakhir.
VII.
HADIAH DAN
PENGHARGAAN
Pemenang
Lomba dibagi menjadi 2 kategori dan berhadiah jutaan rupiah :
1.
Kategori Individu akan dipilih tiga karya terbaik
2. Kategori
Kelompok akan dipilih 1 karya terbaik (1 kelompok maksimal 4 orang)
3.
Finalis dan Peserta menerima piagam penghargaan dari Kepala Dinas
Pendidikan.
4.
14 Karya terbaik akan dipublikasikan dalam Jurnal Ilmiah yang akan diterbitkan
oleh Pusat Belajar
Guru (PBG)
Bojonegoro.
VIII.
WAKTU
PELAKSANAAN
1.
Naskah lomba dibuka sejak tanggal 1 November – 23 November 2015, ditujukan kepada:
Panitia Lomba Cipta Karya Alat Bantu
Ajar Pusat Belajar Guru.
Penerimaan
naskah lomba paling lambat tanggal 23 November 2015 (cap pos dan email pkl
24.00 hard dan soft copy file) yang memuat apa, bagaimana, mengapa, dan mata
pelajaran apa yang terkait.
2.
Workshop lomba 26 November 2015
Didatangkan
nara sumber dan dibuka 5 kelas (sesuai dengan jenjang).
Tujuan: untuk
memberi pengarahan dan memberikan pengalaman bagaimana membuat alat peraga
edukatif yang inovatif dan kreatif yang baik dan benar.
Disesuaikan
dan dimasukkan dalam RPP
Setelah
kegiatan workshop, peserta dipersilahkan untuk menyempurnakan karyanya, dengan
berkonsultasi dengan para nara sumber.
3.
Penjurian tanggal 27 November 2015 secara administrasi dan didasarkan
pada inovatif dan kreatif.
4.
Seminar Finalis (15 karya terpilih) 28-29 November 2015 yang sesuai standard dan dapat
dimuat pada jurnal ilmiah.
5.
Pengumuman pemenang 29 November 2015.
Individual: 3
juara
Grup : 1
juara
0 komentar:
Posting Komentar